Inilah Pentingnya Wibawa di Tempat Kerja

Mengapa wibawa itu penting? Dan siapa yang membutuhkan wibawa tinggi? Tak hanya para pemimpin dan pejabat, setiap orang sebenarnya membutuhkan wibawa, siapapun dan dimanapun Anda, baik di rumah, lingkungan pertemanan, tempat kerja, dsb.

Bahkan meskipun Anda adalah seorang karyawan biasa atau masih magang sekalipun, menjadi berwibawa akan membuat Anda lebih dihormati, disegani, dan tidak mudah diremehkan. Namun, bagaimana cara agar lebih berwibawa?

Tips Meningkatkan Wibawa

Berikut adalah beberapa sikap yang bisa Anda terapkan di tempat kerja untuk membuat Anda menjadi sosok yang berwibawa:

1. Berwawasan Luas

Semakin banyak wawasan yang Anda miliki, semakin banyak pula orang yang akan kagum dengan Anda dan yakin bahwa Anda adalah sosok yang bisa diandalkan.

2. Bersikap Tegas

Menjadi orang tegas tidak sama dengan mudah marah dan kaku. Tegas juga bukan berarti melakukan kekerasan. Tegas adalah menunjukkan sikap yang diplomatis namun tetap santun, dan bisa membuat keputusan bijaksana dengan segera.

3. Jangan Mudah Marah

Kesal dan mudah marah hanya akan merusak citra Anda, karena sikap ini menandakan bahwa Anda tidak tahu cara yang lebih efektif untuk merespon sesuatu. Misalnya saat berbicara dengan karyawan atau rekan kerja mengenai kesalahan yang ia buat, Anda tidak boleh terdengar marah apalagi menggunakan kata-kata kasar.

Sebaliknya, katakan dengan lembut namun penuh makna bahwa kesalahan tersebut menimbulkan kekacauan untuk teman-temannya bahkan mungkin merugikan perusahaan. Buatlah nada bicara yang membuatnya tahu bahwa Anda khawatir akan hal itu, dan jangan lupa berikan juga semangat padanya.

4. Perhatikan Nada Suara

Misalnya saat Anda harus mempresentasikan sesuatu, atau berbicara kepada atasan mengenai perkembangan sebuah proyek, pastikan bahwa suara Anda tidak terdengar ragu-ragu. Dan jangan gunakan “ummm”, “saya pikir”, dan sejenisnya, karena bisa membuat Anda terlihat gugup dan tidak percaya diri.

5. Jadilah Sosok Teladan

Tunjukkan sikap dan sifat yang baik agar citra diri Anda lebih baik, terutama jika posisi Anda cukup penting di perusahaan. Hal ini akan membuat Anda disukai banyak orang dan bahkan menjadi pusat perhatian. Orang-orang akan lebih hormat dengan Anda dan menganggap Anda sebagai sosok yang pantas dijadikan teladan.

6. Jadilah Supel dan Suka Bersosialisasi

Selalu terlihat sendiri akan membuat orang lain susah untuk mengetahui kepribadian Anda. Bahkan untuk sekedar menyapa dan ngobrol basa-basi, orang lain bisa jadi malas melakukannya. Karena itu, berbaurlah dengan rekan kerja untuk membuat kesan bahwa Anda adalah orang yang supel dan bersahabat.

7. Tidak Pelit dan Suka Menolong

Dua hal ini terbukti ampuh untuk membuat diri Anda disukai oleh banyak orang secara instan. Seiring waktu, orang-orang akan lebih segan dan memandang Anda sebagai sosok yang berwibawa.

8. Tetap Rasional

Poin ini sangat erat kaitannya dengan poin sebelumnya. Memang benar bahwa Anda perlu menjadi sosok yang ringan tangan, namun pastikan untuk tidak mudah dimanfaatkan. Jangan sampai sifat royal dan suka menolong justru dijadikan kesempatan oleh rekan kerja untuk memeras isi dompet dan tenaga Anda. Karena itu, Anda harus pandai melihat niat dan pikiran dari orang yang Anda berikan bantuan.

9. Berpenampilan Profesional

Ada istilah “Don’t judge a book by its cover”, namun ketika berbicara tentang lingkungan kerja, tentu saja penampilan adalah hal pertama yang akan dinilai. Bayangkan jika Anda datang ke kantor dengan baju lusuh, sepatu kotor, dan rambut acak-acakan, dibanding dengan mengenakan baju rapi, harum, dan bersih. Mana yang akan terlihat lebih berwibawa?

Pentingnya wibawa di tempat kerja adalah agar orang-orang memiliki rasa hormat kepada Anda, sehingga Anda tidak mudah dimanfaatkan atau direndahkan. Segera tingkatkan nilai diri Anda dan miliki karir yang lebih baik dengan 9 sikap di atas.