Cara Mengatasi Putus Asa Dalam Hidup

Kali ini, yang akan kita bahas adalah seputar bagaimana mengatasi rasa putus asa. Sebab perasaan ini, sayangnya memang cukup sering dialami oleh banyak dari kita.

Ketika dilanda keputusasaan, kita merasa hidup serba kacau. Kita merasa ada begitu banyak masalah yang harus kita hadapi, dan ada begitu banyak persoalan yang tidak dapat kita kendalikan.

Sehingga kita pun sulit berpikir jernih, tidak tahu harus berbuat apa, dan berakhir dikuasai oleh emosi kita. Kita merasa hilang harapan, kita merasa menderita, dan larut dalam kesedihan.

Ini, merupakan suatu kondisi yang tidak sebaiknya kita abaikan. Karena akan sangat berpengaruh buruk pada kehidupan kita di jangka panjang.

Untuk mengatasi rasa putus asa ini, terlebih dulu tenangkanlah diri Anda. Misalnya dengan latihan pernapasan. Hiruplah udara melalui hidung, sambil menutup mata. Tahan lima detik saja. Kemudian buang perlahan melalui mulut.

Selanjutnya, lakukanlah sesuatu untuk menjernihkan pikiran Anda. Istirahatkan diri sejenak. Caranya bagaimana? Sebagai contoh Anda bisa keluar rumah sebentar, merenggangkan badan, memelihara binatang, atau kegiatan-kegiatan lain yang dapat membuat pikiran Anda lebih jernih.

Setelah menenangkan diri, dan menjernihkan pikiran, maka selanjutnya ingatlah selalu untuk tidak lari, dari masalah apapun yang Anda hadapi saat ini.


Baca Juga :


Kenali perasaan Anda, dan beranikan diri untuk menghadapinya. Jangan sekali-kali lari dari masalah. Karena masalah itu tidak akan hilang, tidak akan berlalu, hanya karena Anda memilih kabur darinya.

Kemudian, baiknya Anda bicarakan perasaan Anda ini, sebelum mengambil keputusan apapun. Terutama bila posisinya Anda tidak tahu lagi harus berbuat apa. Maka berbagilah.

Utarakan pada kerabat yang Anda percaya, atau psikolog juga bisa. Ini akan membuat Anda menjadi lebih lega, serta membantu Anda menemukan jalan keluar. Buatlah keputusan dan perubahan secara konsisten. Dengan begitu keputusasaan tersebut akan hilang sedikit demi sedikit.

Di sisi lain, selain melakukan perubahan untuk diri kita, tetap harus kita akui juga, bahwa di dunia ini ada hal-hal yang keberadaannya harus kita terima. Ada hal-hal yang berada diluar kendali kita, dan tidak dapat kita ubah begitu saja. Dengan menyadari dan menerima kenyataan, Anda akan bisa bangkit dari keputusasaan.

Dan yang terakhir, satu hal yang kerap terlewat ketika kita sedang berjuang untuk mengatasi rasa putus ada, adalah berolahraga. Maka mulailah berolahraga secara rutin. Sebab olahraga dapat membantu membuat suasana hati Anda membaik, sebagai efek dari hormone endorphin yang dihasilkan tubuh kita.

Olahraga juga memberikan manfaat jangka panjang bagi penderita depresi, karena olahraga teratur dapat mendorong otak untuk menjadi lebih positif. Jadi tidak ada salahnya menjadikan olahraga sebagai salah satu kegiatan rutin harian Anda.

Nah, kurang lebihnya demikianlah yang dapat kita lakukan, untuk mengatasi rasa putus asa. Anda tidak perlu berkecil hati, di dunia ini kita tidak sendiri. Selalu ada Tuhan yang siap menjaga, ketika hal buruk terjadi pada kita.

Akhir kata, untuk Anda saya doakan semoga lekas diberikan jalan keluar, dari segala masalah yang saat ini mungkin Anda alami.