Cara Ampuh Meningkatkan Wibawa dan Kharisma Anda

Pernahkah Anda melihat seseorang masuk ke dalam sebuah ruangan dan langsung menjadi pusat perhatian? Atau seorang kakek biasa tanpa barang-barang branded dan pangkat tapi orang-orang tampak hormat dan segan kepadanya? Inilah yang disebut kharismatik dan berwibawa. Beberapa orang memang terlahir dengan pesona ini. Namun jangan salah, ada juga lho cara agar lebih berwibawa dan kharismatik.

Tips Meningkatkan Kewibawaan

Mungkin tampak sulit pada awalnya, tapi cobalah untuk membaca dengan perlahan dan Anda akan tahu bahwa ternyata tidak sesulit yang Anda pikirkan.

1. Pandangan Mata yang Tajam

Memandang tajam bukan berarti Anda harus melotot ya, tapi saat berbicara dengan seseorang, mata Anda hanya tertuju pada matanya, tidak melirik kanan kiri seperti orang grogi, juga tidak melihat ke bawah seperti orang takut dan malu. Namun, tajam di sini juga tidak membuat lawan bicara menjadi takut, melainkan tajam yang penuh perhatiaan dan senyum.

2. Percaya Diri dan Perhatikan Postur Tubuh

Sikap percaya diri akan menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda merasa nyaman berada di dekatnya dan yakin dengan kemampuan diri Anda sendiri dimanapun Anda berada. Dan salah satu cara untuk menunjukkan kepercayaan diri adalah melalui postur tubuh.

Berdirilah tegak, angkat kepala, dan berjalanlah dengan bangga. Berbicaralah dengan lantang dan tegas tapi tidak menyinggung dan menyakiti, serta jangan tampak grogi. Saat bertemu dengan seseorang, jabatlah tangannya dengan erat namun hangat, dan lihatlah matanya. Saat berbicara, menghadaplah ke lawan bicara Anda, jangan melipat tangan atau menyilangkan kaki, dan jauhkan tangan dari wajah.

3. Positif Thinking

Hindari percakapan yang berisi kritikan dan kata-kata kasar, baik antar teman, rekan kerja, maupun atasan. Mengkritik individu lain, tempat, atau tokoh politik adalah kebiasaan buruk yang hanya akan menurunkan ‘nilai’ diri Anda dan membuat Anda tampak negatif.

Sebaliknya, selalu berpikir positif terhadap apapun dan siapapun, termasuk orang yang kurang Anda suka. Positif thinking akan membuat aura baik Anda tampak keluar, dan orang lain akan melihatnya.

4. Bersikap Sejajar

Siapapun lawan bicara Anda, baik petugas kebersihan, sesama karyawan, atasan, pengemis, anak kecil, artis, pejabat, bahkan orang asing, baik pria maupun wanita, hindari untuk memberikan pujian berlebih atau merendahkan. Lihatlah individu lain setara dengan Anda, berbicaralah dengan bahasa yang sopan, dan jangan terlihat tidak nyaman.

5. Perhatikan Pakaian Anda

Suka atau tidak, pakaian Anda menciptakan gambar diri Anda, baik positif atau negatif. Dengan kata lain, pakaian yang Anda pilih akan menjadi bagian dari ‘merek’ kepribadian Anda. Karena itu, pilihlah pakaian yang dapat meningkatkan harga diri Anda, sopan, rapi, dan sesuai dengan situasi.

Untuk membuktikan hal ini, bahkan Anda bisa melakukan eksperimen sendiri. Pertama, cobalah kenakan pakaian kusut dan kotor, lalu amati bagaimana respon orang-orang kepada Anda. Kemudian, ganti pakaian Anda dengan sesuatu yang berkelas dan profesional, dan perhatikan perbedaannya.

6. Tumbuhkan Sifat Kepedulian

Peduli adalah sifat yang dikagumi oleh banyak orang. Dan salah satu cara mudah untuk menyampaikan bahwa Anda peduli adalah menjadi pendengar yang baik dan menjaga kontak mata. Tindakan sederhana ini akan membantu orang lain merasa seperti satu-satunya orang yang ada di ruangan itu yang Anda perhatikan. Lakukan cara ini pada setiap lawan bicara untuk meningkatkan wibawa dan kharisma.

Menjadi karismatik dan berwibawa bukanlah genetik, tapi berasal dari kepribadian dan perilaku yang dipelajari selama bertahun-tahun. Mulailah dari sesuatu yang gampang seperti gaya berpakaian, pandangan mata, postur tubuh, lalu biasakan berpikir positif, peduli sesama, dan bersikaplah sejajar. Satu tips lagi adalah hiasi wajah Anda dengan senyum yang tulus, yaitu tidak hanya dari bibir tapi juga dari mata.