Cara Agar Tidak Menunda Pekerjaan

Bahasan kita kali ini, adalah seputar kebiasaan buruk menunda pekerjaan. Soal bagaimana mengatasinya, agar tidak berdampak buruk terhadap keseharian kita.

Namanya rasa malas, kita semua punya. Dan seringnya, rasa malas atau enggan inilah yang menyebabkan kita menunda pekerjaan, sampai-sampai kita baru mengerjakannya ketika sudah mendekati deadline saja.

Padahal ketika kita menunda suatu pekerjaan, sama artinya kita membuang waktu. Dan menjadikan kita tidak teliti juga, karena pekerjaan tersebut akhirnya kita kerjakan secara terburu-buru.

Nah, agar kebiasaan ini bisa kita tinggalkan secara perlahan, maka kurang lebihnya berikut adalah cara ampuh untuk membiasakan diri, agar kita tidak terbiasa menunda pekerjaan.

Yang paling pertama kita butuhkan, tentu saja adalah niat. Tanpa adanya niat, kita tidak akan bisa merubah diri sendiri. Kebiasaan menunda pekerjaan, bukan merupakan sesuatu yang bisa diselesaikan dengan solusi dari luar. Harus ada kemauan dari dalam diri kita juga.

Pada awalnya, bisa jadi akan ada penolakan dari dalaam diri Anda, karena ada perasaan bahwa menunda pekerjaan, selama ini belum pernah merugikan kita. Hanya sekedar membuat kita terburu-buru saja. Pemikiran seperti itu, jauhilah. Sebab hidup Anda akan menjadi lebih produktif, tanpa pola pikir yang demikian.


Baca Juga :


Cara kedua, untuk menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan, adalah dengan membuat jadwal tertulis. Dengan begini, Anda bisa melihat apa saja yang perlu Anda kerjakan, secara utuh.

Paling mudahnya, siapkan kalender bulanan di atas meja. Dan tuliskanlah setiap tugas atau pekerjaan, sebagai catatan dalam kalender tersebut. Ini akan membuat Anda selalu teringat pada apa yang perlu Anda kerjakan, dalam satu kurun waktu tertentu.

Kemudian yang ketiga, buatlah deadline palsu, yang lebih dekat daripada deadline aslinya. Dengan deadline yang dimajukan, Anda akan terdorong untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Sebab salah satu alasan mengapa kita terbiasa menunda pekerjaan, adalah karena adanya tenggat deadline yang lama. Sehingga kita merasa masih memiliki banyak waktu, sebelum kita harus mengerjakan tugas tersebut.

Yang keempat, tidurlah dengan cukup. Sebab kurang tidur akan berpengaruh pada konsentrasi Anda. Bila mendapatkan istirahat cukup, maka Anda tidak akan gampang ngantuk.

Sebaliknya, semakin Anda kurang istirahat, semakin buyar fokus Anda. Dan bekerja pun menjadi tidak optimal. Aturlah waktu Anda, jangan sampai waktu untuk kerja Anda gunakan tidur, sedangkan waktu tidur Anda gunakan untuk kerja.

Terakhir, bila empat cara sebelumnya sudah berhasil Anda jalankan, yang kelima hindarilah media sosial. Banyak dari kita, akan mulai menjelajah media sosial, ketika sudah mulai bosan pada pekerjaan.

Yang menjadi masalah adalah, ketika penjelajahan ini tidak ada ujungnya. Tidak bisa berhenti. Berlanjut terus sampai kita lupa waktu. Demikian halnya dengan main game. Semakin dekat kita dengan kedua hal ini, maka akan semakin besar kemungkinan kita menunda pekerjaan.

Jadi, kurang lebihnya seperti itulah lima cara, untuk membantu menghilangkan kebiasaan buruk menunda pekerjaan. Semoga bisa kita terapkan sebaik mungkin dalam kehidupan sehari-hari kita.