4 Manfaat Dzikir Yang Wajib Anda Ketahui

Setiap manusia pasti tidak pernah lepas dari yang namanya permasalahan. Sehingga masing-masing individu yang mengalami segala keresahan baik jiwa dan pikirannya. Sebagai pemeluk agama Islam, Anda bisa mengatasi salah satu caranya dengan memperbanyak amalan berdzikir. Apa itu dzikir? Kata tersebut ternyata berasal dari bahasa Arab yang berarti ‘mengingat’.

Manfaat Dzikir di Dalam Hidup Anda

Ternyata berdzikir mempunyai manfaat yang banyak jika Anda lakukan. Hal tersebut sudah dibahas di dalam Al-Qur’an. Selain bermanfaat untuk mengembangkan kualitas terhadap diri Anda, bisa juga mendapatkan pahala apabila dilakukan. Bahkan bisa menjadi penyejuk hati Anda ketika sedang merasa gelisah. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan, di antaranya yaitu:

1. Anda Dapat Lebih Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Cara paling mujarab untuk mendekatkan diri Anda dengan Allah SWT yaitu melalui berdoa serta berdzikir. Ada banyak manfaat yang akan diperoleh jika berdzikir secara rutin dan sebagainya. Dengan begitu, Anda pasti akan dapat mendekatkan diri pada Sang Khaliq.

2. Melancarkan Rezeki Anda

Allah selalu memberikan rezeki untuk para hambaNya apabila menghendaki hal tersebut. Salah satu cara paling baik yang bisa Anda lakukan untuk meminta rezeki yang barokah yaitu dengan berdzikir serta berdoa. Di dalam Al-Qur’an juga sudah dijelaskan bahwa berdzikir dapat memberikan kemudahan dan melancarkan rezeki. Ayat yang menjaskannya yaitu Q.S Al-Jumuah ayat ke-10.

3. Menjadi Penghilang dari Perasaan Gundah

Pada saat sedang merasa gundah atau stres terhadap suatu hal, Anda disarankan untuk mengingat Allah dengan cara memperbanyak dzikir. Cara ini pun akan membantu hati Anda terasa lebih damai dan tenang. Selain itu juga, Anda bisa lebih tenang dan membangun kesabaran ketika selalu berdzikir. Hal tersebut sudah tertuang di dalam surat Ar-Rad ayat ke-28.

4. Diri Anda Dijauhkan dari Godaan Setan dan Jin yang Terkutuk

Iblis atau jin akan terus mengganggu semua manusia pada setiap kehidupannya hingga dunia berakhir nanti. Anda pun pastinya mengetahui hal tersebut. Semua gangguan itu pun sesuai dengan perjanjian yang dilakukan kepada Allah, bahwa jin membenci manusia beriman. Allah SWT juga akan memberikan keutamaan berdzikir kepada Anda.

Sehingga ketika meningkatkan intensitas waktu dalam berdzikir, Anda akan dibantu untuk menjauhkan diri terhadap semua gangguan setan dan jin. Hal itu dikarenakan semakin seringnya Anda berdzikir maka iman kepada Allah SWT pun akan semakin meningkat, kemudian para setan dan jin enggan mendekati Anda. Firman Allah tentang ini tertuang di surat Al-Imran ayat ke-176.

5. Hidup Anda Akan Diliputi dengan Banyak Kebaikan

Nabi Muhammad SAW bersabda di dalam hadis riwayat Bukhari, bahwa para hamba yang sedang duduk dan berdzikir kepadaNya akan dikelilingi oleh para malaikat. Selain itu rahmat juga akan selalu menyelimuti, serta Allah akan ingat hamba tersebut di hadapan para makhluk yang selalu berada di sisi Allah SWT.

Anda yang rajin berdzikir juga dipercaya akan mendapat manfaat menerima kebaikan yang datang dengan melimpah secara bertubi-tubi. Dzikir akan memberikan segala kebaikan yang sangat terasa serta bisa menjadi tabungan Anda ketika di akhirat.

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, ada lagi yang lain yaitu Anda dapat lebih mengontrol emosi. Lalu satu-satunya hal yang dibawa bawa mati nanti yaitu amalan selama hidup di muka bumi ini. Bahkan seluruh harta benda yang dicari-cari akan tertinggal di dunia. Pahala dari berdzikir pun demikian, karena akan dibawa hingga hari akhir yang terdapat di surat Ali Imran ayat ke-169 dan 170.